.

Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang didirikan pada waktu dhuha di mana matahari mulai naik 7 hasta sejak terbitnya --sekitar pukul 07.30 pagi-- hingga masuknya waktu Zuhur. Jumlah rakaat sholat dhuha seperti yang dicontohkan baginda Nabi adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dilakukan dengan dua rakaat sekali salam. Sholat sunat dhuha dikenal pula dengan sholat Isyraq yang mana Isyraq sendiri berarti "saat terbitnya matahari" Namun, pengertian shalat Isyraq tampaknya merujuk pada permulaan masuknya waktu shalat Dhuha, yakni beberapa saat setelah terbitnya matahari. 


Manfaat sholat dhuha ataupun keutamaan sholat dhuha ada bermacam-macam, diantaranya bisa melapangkan urusan rezeki. Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rezeki dan rahmat dari Allah, berdasarkan hadits Nabi : ” Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Untuk mengetahui tata cara sholat sunah dhuha ataupun bacaan sholat dhuha silahkan lihat di tata cara sholat dhuha. Adapun untuk do'a setelah dhuha dapat anda lihat di postingan do'a setelah sholat dhuha.
Dengan ini kita mengetahui betapa dahsyatnya sholat dhuha yang Allah SWT perintahkan kepada kita, betapa sholat sunah yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Semoga postingan tentang sholat dhuha ini bermanfaat untuk kita semua. Pesan penulis, jadikanlah sholat dhuha sebagai amalan untuk memperoleh kejayaan di duniamu apalagi di akhiratmu.

1 comments: