.

Keajaiban / Manfaat / Keutamaan Sedekah

Keajaiban sedekah merupakan rahasia yang Allah SWT berikan atas perintahNya kepada kita untuk mengeluarkan harta yang kita miliki di jalan kebajikan. Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (Q.S. Al-Baqarah: 267)

Keajaiban Sedekah atau manfaat sedekah dalam beberapa hadits Rasulullah SAW antara lain: 
  1.  Memadamkan murka Allah SWT. Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sedekah dengan rahasia bisa memadamkan murka Allah" (Shahih At-Targhib, 888)
  2.  Menghapuskan dosa. Dari Ka'b bin Ujrah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sedekah bisa memadamkan dosa, sebagaimana air bisa memadamkan api." (Shahih At-Targhib, 866)
  3.  Memadamkan panas kubur dan menaungi pada hari kiamat. Dari Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya." (Silsilah As-Shahihah, 3484).
  4. Sebagai obat atas penyakit. Dari Al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,: "Obati orang sakit di antara kalian dengan sedekah." (Shahih At-Targhib, 744).
  5. Didoakan kebaikan oleh Malaikat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Setiap datang waktu pagi, ada dua malaikat yang turun dan keduanya berdoa. Malaikat pertama memohon kepada Allah, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang memberi nafkah', sementara malaikat satunya berdoa, 'Ya Allah, berikan kehancuran bagi orang yang pelit." (HR. Bukhari & Muslim).
  6. Tidak akan mengurangi harta. Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, "Sedekah tidak akan mengurangi harta" (HR. Muslim)
  7. Amal yang dibanggakan. Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, "Diceritakan kepadaku bahwa semua amal akan saling dibanggakan. Kemudia amal sedekah mengatakan: 'Saya yang paling utama diantara kalian'" (Shahih At-Targhib)
Dari beberapa hadits di atas telah menjelaskan tentang keutamaan sedekah yang memang sangat luar biasa manfaat bagi orang yang melakukannya. Hilangkan perasaan takut akan kekurangan harta apabila kita bersedekah, yakinlah atas janji Allah SWT untuk membalas sedekah yang kita lakukan tersebut berkali-kali lipat dari apa yang kita sedekahkan.

0 comments:

Post a Comment